Afacanonline.com

Fakta Menarik Tentang Bayi Sungsang Saat Hamil Tua

Usia kandungan tiga bulan pertama atau trimester pertama merupakan masa yang paling rentan. Pada waktu ini, para ibu hamil perlu berhati-hati dalam merawat dan menjaga kandungan. Hal ini dikarenakan usia janin yang masih muda sangat rentan mengalami keguguran. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidak keguguran :

Istirahat yang cukup dan menghindari pekerjaan yang berat

Pada usia kandungan yang masih muda, ibu hamil akan mudah merasa kelelahan. Bahkan dapat mengalami pingsan dikarenakan darah rendah. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan pekerjaan yang berat. Ibu hamil juga harus menghindari kegiatan yang mengharuskan duduk atau berdiri terlalu lama. Ibu hamil harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang dimaksud bukan berarti berdiam diri dalam jangka waktu yang lama. Karena hal ini dapat menyebabkan tubuh lebih mudah merasa lemas dan tidak nyaman.

Menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh

Ibu yang hamil muda biasanya akan merasa mual hingga kehilangan selera makan. Namun dalam keadaan tersebut, ibu hamil tetap harus dipaksa untuk makan agar janin tidak kehilangan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Janin yang kekurangan asupan nutrisi dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran.

Mengendalikan emosi

Masa kehamilan merupakan masa-masa dimana wanita mudah sekali terbawa emosi. Hal ini salah satunya disebabkan oleh ketidakstabilan hormon yang sangat berpengaruh terhadap tingkat stres ibu hamil dan tentunya sangat berbahaya bagi janin. Untuk itu, agar tidak mudah terbawa emosi ibu hamil sangat disarankan untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan, sering mengobrol dengan suami, dan sering melakukan berbagai hal positif lainnya.

Menghindari kebiasaan buruk

Gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk menjaga janin tetap sehat. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, menghindari kafein, serta tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Minuman maupun makanan yang mengandung kafein perlu dihindari karena dapat mempengaruhi jumlah zat besi pada janin serta memperburuk anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *