Afacanonline.com

Saat sedang hamil muda, kebanyakan orang-orang tahu dengan ciri-cirinya yang berupa mual-mual. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa mual-mual itu merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda. Namun, kondisi mual-mual tersebut hanya sebagian kecil dari ciri-cirinya. Dengan kata lain, masih ada lagi ciri-ciri lain dari wanita yang sedang hamil muda. Lantas, seperti apa sajakah ciri-cirinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Siklus Haid Yang Terlewat

Siklus haid yang terlewat ini merupakan salah satu ciri-ciri paling umum bahwa anda sedang hamil muda. Selama masa haid, lapisan rahim menjadi rusak serta tetesan dalam bentuk periode yang biasanya berlangsung selama 3 hari sampai 7 hari. Di samping itu, produksi hormone progesterone dalam tubuh juga akan meningkat sehingga dapat mempertahankan dinding rahim. Dengan kata lain, anda tidak akan mengalami siklus menstruasi.

  1. Kram

Pada trimester kehamilan pertama, biasanya anda akan mengalami kram pada bagian kaki. Ya, hal itu dikarenakan adanya perubahan cara tubuh dalam memproses kalsium. Seperti yang dikatakan oleh Dr. MD Mazumdar selaku konsultan ginekolog senior SM Polyclinic “ Sebagian besar kalsium yang diperoleh dari makanan normal digunakan oleh tubuh untuk membantu mengembangkan tulang, gigi, dan organ tubuh bayi. Ini juga dapat mengurangi kalsium tubuh, yang membuat tulang dan otot anda menjadi lemah “.

  1. Perubahan Ukuran Payudara

Ciri-ciri berikutnya dari seorang wanita yang sedang hamil muda, yakni adanya perubahan ukuran pada payudara. Ya, saat hamil muda, ukuran payudara akan membesar. Namun, perubahan ukuran payudara tersebut juga akan disertai dengan rasa sakit lho! Selain itu, perubahan ukuran payudara juga meliputi pembuluh darah yang tampak lebih terlihat serta menggelapnya warna puting.

  1. Mudah Lelah

Saat anda hamil muda, maka akan ada perubahan hormonal yang terjadi sehingga tubuh anda akan mudah kelelahan. Adapun peningkatan kadar hormone esterogen dan progesterone, yang membuat tubuh semakin mudah lelah terutama pada trimester kehamilan pertama.

  1. Morning Sickness

Morning sickness ini merupakan sebuah kondisi, dimana anda akan merasakan mual-mual di pagi hari. Tak hanya di pagi hari, kondisi morning sickness ini juga kerap terjadi pada siang, sore, dan malam hari. Bahkan, tidak semua ibu hamil akan mengalami kondisi morning sickness.

  1. Terdapat Bercak

Pada dasarnya, wanita itu tidak memiliki siklus mentruasi selama kehamilan. Dengan demikian, maka tak heran jika anda akan mengalami bercak darah di bagian intim hingga beberapa kali. Menurut informasi yang di dapat, 3 dari 10 wanita hamil didunia ini akan mengalami bercak di trimester kehamilan pertama. Pendarahan implantasu dapat terjadi kurang lebih sekitar seminggu, setelah ovulasi sel telur dibuahi ke bagian dalam lapisan rahim.

  1. Ngidam

Ini dia ciri-ciri yang paling sering dialami oleh wanita hamil muda, dimana anda kerap ingin mengonsumsi makanan-makanan yang tidak biasa dimakan. Ya, misalkan saja anda tidak suka memakan pare. Namun di trimester kehamilan pertama, anda pun mendadak ingin mengonsumsi pare tersebut. Selain perubahan pada selera, anda juga akan mengalami perubahan pada indera penciuman, sehingga anda tidak akan suka terhadap aroma yang tajam.

Itulah beberapa ciri-ciri wanita yang sedang hamil muda. Bagaimana, apakah saat ini anda sedang hamil muda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *