Afacanonline.com

Resep Kue Lebaran: Kue Putri Salju yang Lembut di Mulut

Kue Putri Salju adalah salah satu jenis kue kering yang berasal dari Indonesia yang memiliki bentuk unik. Bentuk dari kue putri salju ini seperti bulan sabit, dilapisi oleh taburan gula halus yang membuatnya seperti ditutupi oleh salju. Itulah mengapa kue ini dinamakan kue Putri Salju karena taburan gula tersebut yang menutupi semua permukaan kue. Kue Putri Salju adalah makanan lezat khas untuk acara-acara perayaan dan hari libur besar, seperti Lebaran (Idul Fitri), Natal dan Imlek (Tahun Baru Cina. Kue Putri Salju biasanya dijual di toples plastik atau toples kaca kedap udara di pasar tradisional, toko roti, toko kue, dan juga supermarket.

Cara Membuat Kue Putri Salju

Bahan-bahan:

  • 225 gram mentega (dilunakkan dan dipotong dadu)
  • 80 gram Gula kastor
  • 2 kuning telur
  • 2 sdt ekstrak vanilla
  • 200 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung jagung
  • 1/2 sdt baking soda
  • 50 gram susu bubuk
  • 200 gram tepung kacang panggang * atau tepung almond
  • 2 – 3 sdt kulit lemon (opsional)
  • Gula halus untuk taburan

Persiapan:

  • Jika menggunakan kacang utuh, keringkan terlebih dahulu dalam wajan sampai berubah warna menjadi cokelat keemasan. Biarkan dingin kemudian giling menggunakan blender dan proses sampai kacang terbentuk hingga halus)

Cara Membuat :

  1. Atur oven pada 160 derajat Celsius
  2. Lapisi dua loyang dengan kertas roti
  3. Ke dalam mangkuk pengaduk, saring tepung biasa, tepung jagung, soda kue, dan susu bubuk. Campur hingga tercampur rata.
  4. Selanjutnya, ke dalam mangkuk pengaduk listrik Anda, krim mentega dan gula kastor. Campurkan pada kecepatan sedang / tinggi hingga halus dan lebih ringan warnanya.
  5. Ke dalam campuran mentega, tambahkan kuning telur, ekstrak vanila dan kulit lemon dan teruskan pencampuran dengan kecepatan sedang sampai benar-benar tercampur.
  6. Ke dalam campuran mentega, tambahkan campuran tepung serta tepung kacang.
  7. Dengan menggunakan spatula, campur bersama-sama, pastikan semua bahan digabungkan tetapi tidak dicampur berlebihan.
  8. Bentuk adonan menjadi bola dan tempatkan di mangkuk, ditutup dengan cling wrap. Dinginkan selama 30 menit.
  9. Pada permukaan yang diberi tepung, giling adonan hingga setebal 1 cm dan potong menjadi kue berbentuk bulan sabit (atau bentuk apa pun yang Anda suka!). Jika Anda ingin membentuk kue Anda menjadi bentuk bulan sabit dan tidak memiliki pemotong, Anda dapat membentuknya dengan tangan. Cukup bagi adonan kue menjadi bola seukuran sendok yang sama dan cetakan menjadi bentuk bulan sabit, rata dengan ketebalan 1cm. Gunakan banyak tepung untuk menghindari adonan lengket ke permukaan.
  10. Letakkan di atas loyang, beri sedikit ruang untuk masing-masing adonan tersebut.
  11. Panggang dalam oven selama 10-15 menit atau sampai berwarna keemasan.
  12. Angkat dari oven dan biarkan hingga dingin di atas loyang sampai mengencang.
  13. Setelah benar-benar dingin, taburi gula halus; atau jika Anda ingin lapisan gula yang lebih lengkap dan tercover, celupkan setiap kue ke dalam mangkuk gula halus tersebut.
  14. Simpan dalam wadah kedap udara atau sajikan dengan secangkir kopi atau minuman pilihan Anda.

Tadaa! Kini kue putri salju anda siap dihidangkan untuk idul fitri nanti ataupun acara-acara besar keluarga. Catatan tambahan, untuk membuat adonan kue lebih mudah untuk dikerjakan, bagi menjadi dua dan tinggalkan satu bagian di lemari es sambil menyiapkan setengahnya untuk oven. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *