Afacanonline.com

Asam lemak omega tiga sangat penting untuk penglihatan dan perkembangan saraf bayi. Bentuk omega tiga yang sangat bermanfaat adalah EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid). Walaupun keduanya saling bekerja sama di dalam tubuh, tetapi masing-masing asam lemak itu mempunyai manfaat tersendiri.

EPA bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, membatasi respon inflamasi, dan kesehatan jantung. Lain hal dengan DHA dan perkembangan otak janin yang penting bagi bumil (ibu hamil) dan menyusui karena memiliki manfaat mendukung kinerja sistem saraf pusat, mata, dan otak. Jika bumil mengkonsumsi suplemen DHA selama hamil dan menyusui dapat mempunyai anak yang cerdas. Anak berusia empat tahun dapat mempunyai hasil tes IQ yang lebih tinggi karena nutrisi DHA.manfaat lain dari konsumsi DHA adalah hasil kognitif anak yang mencangkup ke perkembangan motorik di usia 2,5 tahun dan kemampuan perhatian di usia 5 tahun.

Ibu hamil dengan kadar DHA di dalam darah yang tinggi ketika masa persalinan akan mempunyai anak dengan kemampuan perhatian yang tinggi ketika usia dua tahun. Bahkan ketika menginjak usia enam bulan, kemampuan berkonsentrasi sudah maju dua bulan dibandingkan dengan anak seusianya dari ibu yang DHA-nya rendah. Kemajuan perkembangan ini bisa terlihat dari bayi yang pola makannya mencangkup asam lemak esensial DHA yang banyak. Asam lemak esensial ini ada di ASI dan susu formula, serta makanan bayi dengan kandungan DHA.

Mengkonsumsi DHA di trimester kedua dan ketiga masa kehamilan, mempunyai skor yang lebih tinggi ketika tes koordinasi tangan dan mata. Koordinasi tangan dan mata merupakan kontrol terpadu antara gerakan mata dengan gerakan tangan. Dan, tidak lupa, pengolahan input penglihatan pun akan membuat bayi mudah dalam merespon genggaman berdasarkan koordinasi dengan mata. Nah, koordinasi inilah yang menjadi bagian dari sistem kerja untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti berolahraga, bermain, dan lain sebagainya. Berbeda dengan anak yang kurang koordinasi mata dan tangan yang cenderung kesulitan dalam melakukan tugas sehari-hari.

Cukup sudah penjelasan kami tentang DHA yang berguna pada perkembangan buah hati. Jika belum puas, Anda bisa berkunjung ke https://guesehat.com/.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *