Afacanonline.com

Real Count Sementara, Jokowi dan Prabowo Sama Kuat di Sulawesi

Sekilas flashback pada hasil real count pilpres 2014 di provinsi Jawa Tengah, dimana pasangan Jokowi – Jk mampu mengungguli pasangan Prabowo – Hatta. Hal tersebut terulang kembali berdasarkan real count pilpres 2019 dari KPU, yang menunjukkan bahwa pasangan nomor urut 01 yakni Jokowi – Maruf Amin kembali unggul di provinsi Jawa Tengah atas pasangan Jokowi – Maruf Amin.

Dibanding provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur, provinsi Jawa Tengah-lah yang paling banyak menyumbang suara untuk pasangan Jokowi – Maruf Amin. Berdasarkan hasil real count dari KPU, selisih kemenangan Jokowi  atas Prabowo itu mencapai 2,2 juta suara. Pasangan Jokowi – Maruf Amin berhasil memperoleh 3,14 juta suara, sedangankan pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno hanya mampu mencapai 940 ribu suara saja.

Hasil Real Count Pilpres 2019 Sementara di Provinsi DKI Jakarta

Sama halnya dengan provinsi Jawa Tengah, pasangan Jokowi – Maruf Amin juga lagi-lagi unggul dari pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Berdasarkan perhitungan suara sementara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang menyatakan bahwa pasangan nomor urut 01 unggul di empat wilayah seperti Jakarta Barat, Jakarta utara, Kepulauan Seribu, dan Jakarta Pusat. Sedangkan pasangan nomor urut 02 yakni Prabowo – Sandi, hanya unggul di dua wilayah saja seperti Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sampai hari Senin (22/4/2019) pukul 08:45 WIB, jumlah suara yang masuk ke DKI Jakarta mencapai 1,21 juta suara dari 5.581 TPS, atau sekitar 19,2 % dari total 29.063 TPS yang ada di provinsi DKI Jakarta. Dari jumlah suara yang masuk tersebut, pasangan Jokowi – Maruf Amin memperoleh suara sebanyak 645.150 (53,3 %), sedangkan pasangan Prabowo – Sandi hanya mendulang suara sebanyak 565.366 (46,7 %). Dengan kata lain, pasangan Jokowi – Maruf Amin unggul dengan selisih 6,59 % dari pasangan Prabowo – Sandi.

Wilayah DKI Jakarta yang paling banyak menyumbang suara untuk pasangan Jokowi – Maruf Amin, yakni wilayah Jakarta Barat yang mencapai 58,16 % suara, sedangkan jumlah suara yang terkecil ada di wilayah Kepulauan Seribu dengan 51,59 % suara. Sementara wilayah DKI Jakarta yang menghantarkan pasangan Prabowo – Sandi unggul atas pasangan Jokowi – Maruf Amin, yakni adalah Jakarta Timur yang mencapai 52,9 % suara dan Jakarta Selatan mencapai 50,88 % suara.

Hasil Real Count Pilpres 2019 Sementara di Provinsi Jawa Barat

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa Provinsi Jawa Barat memang menjadi suara terkuat untuk pasangan nomor urut 02. Hal itu pun bisa dilihat pada hasil pilpres 2014 lalu, dimana pasangan Prabowo – Hatta berhasil unggul atas pasangan Jokowi – Jk. Kemenangan Prabowo yang berpasangan dengan sandiaga Uno di pilpres 2019 ini pun kembali terulang.  

Berdasarkan perhitungan real count KPU, Pasangan Prabowo – Sandi di Jawa Barat berhasil meraih suara sebanyak 1,19 juta suara (52,66 %), sedangkan pasangan Jokowi – Maruf Amin memperoleh sebanyak 1,07 juta suara (47,34 %). Perolehan hasil suara sementara tersebut berdasarkan dari 11.738 TPS, atau sekitar 8,5 % dari total 138.123 TPS yang ada di Provinsi Jawa Barat. Ada 3 kota di provinsi Jawa Barat yang paling banyak menyumbang suara bagi pasangan Prabowo – Sandi seperti Tasikmalaya, Garut, dan Sukabumi. Sementara Indramayu dan Cirebon menjadi lumbung suara bagi pasangan Jokowi – Maruf Amin di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *