Afacanonline.com

5 Aplikasi untuk Millennial Mom Ikuti Tumbuh Kembang Anak

Mengoptimalkan tumbuh kembang anak bukan hanya di dukung dengan asupan bergizi saja, ada hal – hal yang lain yng penting untuk diketahui oleh sang bunda agar dapat membantu perkembangan serta pertumbuhan anak dengan baik. Maka dari itu bunda harus cermat dalam memperhatikan segala kebutuhan untuk sang buah hati, walaupun pertumbuhan dan perkembangan pada anak berbeda-beda alangkah baiknya para bunda terlebih dahulu untuk mengetahui wawasan yang luas mengenai keperluan juga kebutuhan anak untuk bisa mendukung proses tumbuh kembang pada anak. Untuk lebih lengkapnya kami akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak yang baik dan membantu para bunda untuk mengetahui lebih jelasnya guna mendukung tumbuh kembang anak. 

Sebelumnya, usahakan untuk melengkapi kebutuhan gizi dan stimulasi sejak anak di dalam kandungan. Tumbuh kembang anak yang baik akan berpengaruh pada kebutuhan gizi yang sudah terpenuhi  pada saat selama dalam kandungan bunda. Di karenakan janin juga membutuhkan asupan gizi yang seimbang guna perkembangan fisik, otak bahkan organ-organ lainnya semaksimal mungkin. Selain itu, stimulasi sederhana yang dapat di lakukan oleh bunda dan juga sang ayah pada calon buah hati yaitu dengan cara memberikan perhatian, seperti interaksi obrolan yang positif ataupun dengan alunan music yang tentu dapat merangsang perkembangan juga pertumbuhan anak secara pesat. Jalinlah komunikasi yang efektif pada sejak buah hati anda lahir, walaupun bayi belum mampu untuk berbicara dengan baik, tak ada salahnya untuk selalu diajak berkomunikasi baik oleh para bunda ataupun ayah. Dengan terus mengajaknya berkomunikasi, secara otomatis otak bayi akan terstimulasi untuk berkembang. Maka dari itu, mengajak komunikasi buah hati sejak lahir sangatlah penting untuk dilakukan oleh bunda juga ayah, tak hanya berupa obrolan, menggunakan sentuhan ataupun sedikit eskpresi pada wajah juga akan berpengaruh pada perkembangan emosional anak dengan pesat.

Penuhilah keperluan juga kebutuhan gizi harian sang anak. Pada saat anak sudah mengkonsumsi makanan pendamping asi atau yang sering disebut dengan mpasi, buatlah berbagai macam makanan yang menarik juga tentunya dengan kandungan gizi yang cukup, kemudian berilah susu pertumbuhan anak sebagai pelengkap gizi untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati. Pada saat itu, mungkin anak akan memilih beberapa makanan yang tidak disukainya, namun para bunda harus tetap berusaha untuk menyiasati makanan tersebut agar gizi anak senantiasa dapat terpenuhi dengan baik. Dengan kebutuhan gizi yang sudah lengkap dan terpenuhi, maka daya tahan tubuh anak akan kuat, terlebih lagi jika didukung dengan melakukan kegiatan aktivitas fisik guna memaksimalkan fungsi-fungsi organ tubuh pada anak. Dan para bunda tidak perlu khawatir jika sang buah hati bermain dengan sesuatu yang menyebabkan kotor karna itu akan menstimulasi tubuh agar dapat membentuk sel – sel antibodi sebagai pertahanan pada tubuh anak. Namun, biasakan untuk tetap mengajari kebersihan pada anak, seperti membiasakan membersihkan tangannya dengan sabun sehabis bermain atau setelah bahkan sebelum melakukan sesuatu. Biasakan bunda atau ayah memberikan momen intim dengan anak, seperti halnya melakukan kegiatan bersama bunda jika anak permpuan dan melakukan suatu aktivitas dengan ayah jika memiliki anak lelaki. Karna hal ini akan memberikan pemahaman ketika anak-anak akan berinteraksi dengan orang lain yang satu gender dengannya ataupun dengan lawan jenisnya. Sekian dari artikel ini semoga dapat bermanfaat!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *