Afacanonline.com

Hujan memang membawa sebuah berkah, tetapi jika hujannya sepanjang hari akan menjadikan pakaian tidak bisa kering ketika dijemur. Lalu bagaimana cara mengeringkan pakaian saat musim hujan tanpa dijemur di bawah terik matahari?

Berikut ini cara mengeringkan pakaian saat musim hujan yang dikutip dari beberapa sumber terpercaya.

Mesin Cuci

Mesin cuci yang mempunyai fungsi sebagai pengering amat efektif melancarkan pengeringan pakaian. Untuk membuang sisa-sisa air di pakaian sebaiknya gunakan saja putaran cepat atau high spin. Sebelum dimasukkan ke dalam pengering ada baiknya pakaian diperas untuk menghilangkan air pada pakaian.

Handuk

Jika mempunyai handuk atau tuala kering dan bersih, terlebih yang tebal, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengeringkan pakaian yang basah. Anda bisa memasukkan handuk tersebut dan pakaian basah ke dalam pengering yang terdapat di mesin cuci. Kemudian lakukanlah pengeringan. Dijamin, pakaian Anda akan lebih cepat kering sebab air akan terserap oleh handuk kering itu.  

Anda juga bisa menggulung pakaian basah dengan handuk dimana posisi handuk berada di bagian luar gulungan. Setelah itu gulungan tersebut diinjak-injak pakai kaki. Nah, cairan di pakaian itu akan terserap oleh handuk hingga pakaian menjadi kering.

Jemur di Dalam Rumah

Bila jemuran tidak kering karena hujan selama siang maka di dalam rumah Anda bisa menjemurnya kembali. Anda dapat memasang tali-tali/kawat jemuran atau membeli jemuran kecil di dalam rumah. Langkah ini lumayan efektif untuk mengeringkan pakaian, meskipun sedikit lama.

Lemari Es

Kiat pengeringan lainnya yang efisien ialah melipat pakaian basah secara rapi ke dalam kantong plastik lalu kantong plastik itu dimasukkan ke dalam lemari es. Diamkan di sana hingga betul-betul kering. Pada umumnya butuh waktu 1 malam. Esok harinya pakaian itu diseterika untuk membuang rasa dingin dan pakaian pun siap digunakan.

AC (Air Conditioning)

Selain sebagai penyejuk ruangan AC pun berfungsi menyerap cairan. Menjemur pakaian basah di depan AC menjadikan pakaian mudah kering. Tetapi, tidak jarang pakaian menjadi berbau tidak sedap. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memakai AC yang mempunyai fungsi penghilang bau.

Microwave

Microwave bisa digunakan juga untuk mengeringkan pakaian dengan cara memasukkan pakaian basah ke dalam microwave memakai wadah. Keringkanlah dengan menggunakan suhu 130-150oC selama sekitar 10-15 menit. Bila pakaian masih juga belum kering benar, ulangi proses pengeringan dengan menggunakan waktu yang lebih singkat supaya pakaian Anda jangan sampai gosong.

Perangkat Elektronik Lain

Banyak perangkat elektronik bisa membantu Anda mengeringkan pakaian, seperti setrika, kipas angin, dan hair dryer (pengering rambut). Sejak dari dulu setrika memang telah digunkan mengeringkan pakaian. Dengan menyetrika pakaian dalam suhu panas membuat air akan menguap sehingga pakaian pun menjadi kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *