Afacanonline.com

Cara Mengasuh Bayi

Kedisplinan sangat penting untuk menjadikan anak anda mandiri dan cerdas. Kedisiplinan bisa dimulai dari mengubah kebiasaan anda dan keluarga. Jadi jika biasanya anda makan sambil main handphone. Biasakan untuk makan tanpa gadget. Dengan hal kecil seperti itu anak anda akan menirunya dan menjadi disiplin. Sebaiknya juga anda jangan membuat anak anda melakukan pekerjaan dengan dibantu. Biasakan anak anda melakukannya sendiri seperti ambil makanan atau memakai baju. Hal-hal tersebut hanya beberapa hal yang anda harus ajarkan untuk membuat anak anda disipling. Banyak cara lainnya yang harus anda ajarkan pada anak agar anak menjadi disipling. Berikut cara-cara tersebut seperti yang dilansir oleh situs parenting.

  • Jangan Interupsi Pola Pikir Anak Dan Ikuti Saja

Anak dan orang dewasa pastinya mempunyai pola pikir yang tidak sama. Tentu saja karena anak-anak juga mempunya pikiran mereka sendiri. Nah untuk menjadikan anak anda disiplin, anda harus ikhlas untuk tidak mengganggu apalagi mnegambil alih pola pikir anak anda. jadi misalnya anak anda makan memang lambat dan sayurannya dahulu. Anda biarkan saja mungkin anak anda memang suka menikmatinya dan tidak terburu-buru. Selanjutnya jika anak lebih suka belajar dalam keadaan berisik dengna mendengarkan lagu di headset, anda biarkan saja. Mereka terkadang puny acara mereka sendiri untuk membuat nyaman prosesnya.

  • Berikan hukuman Sewajarnya

Cara yang satu ini memang anda harus tega dan tetap konsisten. Hal ini bagus untuk membuat anak disiplin. Jika anak anda membuat kesalahan maka anda harus memberikan hukuman yang sewajarnya. Artinya anda berikan hukuman tapi tidak berlebihan. Jadi misalnya nilai raport anak anda berbuat kesalahan di sekolah dan membuat temannya menangis. Anda hokum dengan disuruh masuk kamar tanpa boleh main dulu dengan temannya. Dengan cara begitu anak akan interopeksi diri dan akan memperbaiki kesalahannya. Dalam  memberikan hukuman ini anda jangan sampai melawati batas seperti memukul atau memakinya berlebihan.

  • Cari Tahu Pemicu Yang Membuat Anak Anda Tantrum

Anak yang sedang tantrum memang terkadang membuat kita sangat kesal karena menangis atau meraung keras sambil melempar barang terkadang. Nah anda biarkan saja agar mereka capek sendiri. Jika anda menanggapinya akan membuat anak anda semakin tantrum. Ada hal yang harus anda lakukan selain itu yaitu mencari tahu kenapa anak anda bisa tantrum. Kenali hal apa saja yang bisa membuat anak anda tantrum. Jika sudah mengenalinya maka anda akan paham bahwa jangan lagi membiarkan anak anda melakukan hal tersebut. Anak juga akan paham dan akan tidak mengalami tantrum.

  • Buat Lingkungan Yang Nyaman

Cara mendidik anak anda untuk disiplin selanjutnya adalah dengan membuat lingkungan yang senyaman mungkin. Lingkungan yang nyaman akan membuat anak jadi mau melakukan apa saja sesuai dengan apa yang anda suruh. Buat lingkungan yang nyaman seperti rumah yang tertata rapih atau bersih. Anda juga bisa mengganti desain kamar anak anda sesuai jadi yang mereka inginkan. Nah dengan melakukank hal tersebut anak anda akan nyaman melakukan apa-apa sendiri tanpa harus menolak. Anda juga harus selalu mempunyai hubungan harmonis dengan sesama penghuni rumah lainnya terutama pasangan anda. hubungan yang nyaman antara manusia tentu adalah hal utaman yang membuat sebuah lingkungan menjadi nyaman. Pastikan juga tidak ada emosi yang meluap ketika sesuatu hal terjadi di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *