Afacanonline.com

TKN: Serangan Hoaks Jokowi-Ma'ruf Marak Tersebar di 18 Provinsi 

Indonesia merupakan negara demokrat terbesar ketiga di dunia dan juga negara dengan penduduk ber mayoritas Muslim terbesar di dunia, Dan pada bulan April mendatang akan dilangsungkannya pemilu Pilpres 2019. Dengan begitu masing-masing kandidat telah melakukan pendaftaran diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang akan dilakukan pada hari Jum’at (10/8). Salah satu kandindat yang mencalonkan sebagai capres dan cawapres adalah pasangan nomor urut 01 yaitu Joko Widodo (cawapres) dan Ma’aruf Amin (cawapres). Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa fakta-fakta mengenai calon capres dan cawapres no urut 01 sebagai berikut ini :

Joko Widodo : Calon Presiden

Joko Widodo sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur Jakarta, di mana beliau memenangkan pujian karena dapat meningkatkan infrastruktur, membersihkan daerah kumuh, dan mempromosikan usaha kecil. Dan beliau juga memenangkan pemilihan presiden tahun 2014, dengan mendorong pemberantasan korupsi, dan investasi di bidang infrstruktur dan pendidikan. Selain itu juga, presiden yang berusia 57 tahun itu meruapakan pemimpin Indonesia pertama yang berasal dari luar elit politik, bisnis, ataupun militer. Beliau merupakan putra seorang tukang kayu yang tumbuh di dekat kota Solo sebelum mendapatkan kekayaannya sebagai seorang pengusaha furnitur.

Sebagai presiden, dilansir dari berita pilpres 2019 beliau juga bergerak cepat untuk memangkas subsidi bahan bakar, mengalihkan dananya untuk insfasuktur dan program sosial. Yang berjuang untuk memberlakukan otoritasnya di atas koalisinya, dan pada tahun 2015 juga beliau di permalukan ketikan pendukung politiknya dan mantan presiden Megawati Soekarnoputri menggambarkannya sebagai “pejabat”. Dengan seiringnya waktu, Jokowi merebut lebih banyak kendali atas koalisinya dan mengembangkannya sehingga aliansinya memegang mayoritas parlemen yang jelas.

Jokowi juga telah mengawasi investasi di bidang insfrastruktur, yang ada kritikan tentang penundaan dan meledaknya biaya. Sehingga, Indonesia telah mengalami pertumbuhan tahunan yang stabil sebesar 5 persen selama masa kepresidenannya, dan juga masih di bawah target Jokowi sebesar 7 persen, dan 0,7 poin persentase lebih rendah dari tingkat pertumbuhan rata-rata pada dekade sebelumnya.

Ma’aruf Amin : Calon Wakil Presiden Jokowi

Ulama dan politisi yang berusia 75 tahun ini memiliki gelar dalam hukum islam dan ekonomi syariah, yang lahir di dekat Jakarta ketika Hindia Belanda berada di bawah pendudukan Jepang. Selain itu juga, beliau telah menulis beberapa buku-buku tentang perbankan dan ekonomi islam, makna jihad, terorisme, dan fatwa. Beliau juga berada di dewan lembaga pemerintah yang mempromosikan nilai-nilai Pancasila – Ideologi nasional Indonesia yang merangkul prinsip kebebasan beragam politik yang besar. Dan juga beliau telah menjabat sebagai anggota parlemen di legislatif lokal dan nasional, memwakili Partai Kebangkitan Nasional. Partai ini berafiliasi dengan organisasi Muslim terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama (NU) yang dipimpin Amin sebagai “pemimpin tertinggi” sejak tahun 2015. Yang memeiliki sebanyak 40 bjuta anggota dan juga memiliki pengaruh politik yang besar.

Selain itu juga, ada beberapa kelompok-kelompok HAM yang mempertahankan bahwa Amin telah memainkan peran penting dalam kebangkitan intoleransi di negara mayoritas Muslim terbesar di dunia tersebut. Sebagai kepala bMajelis Ulama Indonesia (MUI) dan sebagai penasihat mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebagai pemimpin MUI, MUI juga mengeluarkan fatwa yang mengecam kepercayaan dari minoritas sosial seperti sekte Islam Ahmadiyah dan homoseksual. Fatwa-fatwa itu bertepatan dengan lonjakan serangan kekerasan terhadap kelompok-kelompok itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *