Afacanonline.com

Enak, Ini 10 Makanan Ibu Hamil Supaya Bayi Terlahir Cerdas

Diet seimbang dan makan makanan yang sehat adalah landasan kesehatan. Sama seperti pria, wanita harus menikmati berbagai makanan sehat dari semua kelompok makanan, termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, lemak sehat, susu rendah lemak atau bebas lemak dan protein tanpa lemak. Akan tetapi, wanita juga memiliki kebutuhan nutrisi khusus, dan kebutuhan ini akan berubah setiap tahap kehidupan wanita. Mari kita simak 4 faktor penting gaya hidup sehat untuk perempuan berikut ini :

  1. Makan dengan Benar
    Makanan kaya nutrisi menyediakan energi untuk kehidupan sibuk wanita dan membantu mengurangi risiko penyakit. Rencana makan sehat secara teratur meliputi paling tidak tiga ons biji-bijian utuh seperti roti gandum, serpihan sereal gandum, pasta gandum, beras merah atau gandum. Tiga porsi produk susu rendah lemak atau bebas lemak termasuk susu, yogurt atau keju, atau alternatif nabati yang diperkaya kalsium. 5 hingga 5½ ons daging tanpa lemak, daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, lentil, tahu, kacang-kacangan dan biji-bijian. Dua cangkir buah – segar, beku atau kalengan tanpa tambahan gula. Serta dua setengah cangkir sayuran berwarna – segar, beku atau kalengan tanpa tambahan garam. Anda bisa memilih salah satu dari opsi makanan sehat tersebut.
  2. Makanan yang kaya zat besi
    Zat besi adalah salah satu kunci tingkat kesehatan dan energi yang baik pada wanita sebelum menopause. Makanan yang menyediakan zat besi yaitu daging merah, ayam, kalkun, ikan, kangkung, bayam, kacang-kacangan, lentil dan beberapa sereal siap makan yang sudah diperkaya. Sumber zat besi nabati akan lebih mudah diserap oleh tubuh ketika dimakan dengan makanan kaya vitamin C. Jadi makan sereal yang diperkaya dengan buah buahan di atasnya, salad bayam dengan irisan jeruk mandarin atau tambahkan tomat ke sup lentil.
  3. Folat (dan Asam Folat) Selama Tahun-Tahun Reproduksi
    Ketika wanita mencapai usia subur, mereka perlu makan cukup folat (atau asam folat) untuk membantu mengurangi risiko cacat lahir. Persyaratan untuk wanita yang tidak hamil adalah 400 mikrogram (mcg) per hari. Termasuk jumlah yang cukup dari makanan yang secara alami mengandung folat, seperti buah jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan dan kacang polong, akan membantu meningkatkan asupan vitamin B ini. Ada juga banyak makanan yang diperkaya dengan asam folat, seperti sereal sarapan, beberapa beras dan roti. Makan berbagai makanan dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi suplemen makanan dengan asam folat juga mungkin diperlukan. Ini terutama berlaku untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui, karena kebutuhan harian mereka akan folat lebih tinggi, masing-masing 600 mcg dan 500 mcg per hari. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anda atau ahli gizi sebelum mengimalam suplemen apa pun.
  4. Kebutuhan Kalsium dan Vitamin D Harian
    Untuk tulang dan gigi yang sehat, wanita perlu makan berbagai makanan kaya kalsium setiap hari. Kalsium menjaga tulang tetap kuat dan membantu mengurangi risiko osteoporosis, penyakit tulang di mana tulang menjadi lemah dan mudah patah. Beberapa makanan kaya kalsium termasuk susu rendah lemak atau bebas lemak, yogurt dan keju, sarden, tahu (jika dibuat dengan kalsium sulfat) dan makanan yang diperkaya kalsium termasuk alternatif susu nabati, jus dan sereal. Jumlah vitamin D yang cukup juga penting, dan kebutuhan akan kalsium dan vitamin D meningkat seiring dengan bertambahnya usia wanita. Sumber vitamin D yang baik termasuk ikan berlemak, seperti salmon, telur dan makanan dan minuman yang diperkaya, seperti susu, alternatif susu nabati, beberapa yogurt dan jus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *