Afacanonline.com

8 Januari dalam Sejarah: Meninggalnya Galileo Galilei dalam Keadaan Bidah

Siapa yang tidak kenal dengan Galileo Galilei? Orang yang pernah belajar di bangku sekolah pasti sangat familiar dengan nama yang satu ini, terutama yang senang dengan sains.

Galileo Galilei merupakan seorang ilmuwan besar dalam bidang matematika, fisika, sains, filsuf, dan astronomi. Ia sangat berkontribusi besar dalam dunia ilmu pengetahuan. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya penemuan dan teori-teorinya digunakan dalam ilmu pengetahuan modern saat ini. 

Ia mempelajari semua jenis ilmu serta mengembangkan berbagai teori-teori yang dipelajarinya menjadi sebuah penemuan-penemuan yang menakjubkan. Sehingga tidak aneh kalau Galileo Galilei menjadi sosok yang sangat berpengaruh pada perkembangan dunia sains dan mendapatkan julukan Bapak Sains Modern. . 

Ada beberapa hal menarik tentang Galileo Galilei yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya seperti yang dikutip dari limapagi.com. Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi tentang fakta menarik Galileo Galilei sebagai berikut :

  1. Berasal Dari Italia

Galileo Galilei merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Italia. Ia lahir di Pisa, Toscana, Italia pada 15 Februari 1564 dan merupakan anak sulung dari enam bersaudara dari pasangan Vincenzo Galilei dan Guilia di Cosimo Ammannati. Sejak dari kecil Galileo Galilei menyukai berbagai hal dan selalu tidak merasa puas atas pencapaian belajarnya. 

Lalu pada tahun 1589 ia melanjutkan kuliah jurusan matematika di Universitas Padua setelah sebelumnya merasa tidak cocok mempelajari dunia kedokteran di Universitas Pisa. Pada masa kuliah ini ia mempelajari berbagai teori-teori ilmu pengetahuan yang kemudan melakukan percobaan pada teori tersebut.

  1. Penentang Teori Aristoteles dan Pendukung Teori Nicolaus Copernicus

Berdasarkan teori Aristoteles menyatakan bahwa benda yang masa yang lebih berat akan jatuh lebih cepat dibandingkan benda dengan masa yang lebih ringan. Teori ini tidak membuat serta merta Galileo Galilei percaya. Lalu ia melakukan banyak eksperimen untuk membuktikan kebenaran teori Aristoteles tersebut yang kemudian menyimpulkan bahwa teori tersebut salah. 

Galileo Galilei menemukan fakta bahwa baik benda yang berat maupun ringan sama-sama jatuh dengan kecepatan yang sama kecuali sampai batas berkurangnya akibat pergerseran udara.

Selain itu, pada tahun 1604, ia secara terbuka menyatakan dukungan pada teori yang dikemukakan oleh Nicolaus Copernicus yang menyatakan bahwa bumi dan planet-planet lainnya mengelilingi matahari. 

  1. Penemu Pertama Teori Ayunan Periodik Bandul

Teori ini tidak sengaja ditemukan oleh Galileo Galilei saat memperhatikan sebuah lampu gantung dan berayun ketika mengikuti misa di hari Minggu di gereja. Lalu ia kembali ke laboratoriumnya dan melakukan eksperimen ayunan bandul dan menyimpulkan bahwa berapapun panjang ayunan bandul, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ayunan itu adalah sama, kemudia ia memasukkannya dalam rumus sederhana.  Selanjutnya, Galileo Galilei menerapkan teori itu ke dalam pembuatan jam dengan menggunakan gelas pasir sebagai pengukur waktu.

  1. Bukan Penemu Teleskop Yang Sebenarnya

Perlu diketahui bahwa orang yang pertamakali menemukan teleskop adalah seorang pembuat kacamata dari Belanda yang bernama Hans Lipperhey. Walaupun Galileo Galilei bukan penemu teleskop yang sebenarnya namun ia memiliki andil besar dalam menyempurnakan teleskop dengan membuat pembesaran lensa pertama dibuat 3 kali pembesaran yang kemudian dikembangkan hingga 32 kali pembesaran dengan kualitas bayangan yang lebih baik. 

Lalu ia memproduksi teleskop dengan jumlah banyak yang diperuntukkan bagi bidang pelayaran supaya bisa melihat sesuatu dari jauh. Selain itu, ia juga merupakan penemu satelit Jupiter dan penemu hukum dasar fisika. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *