Afacanonline.com

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa masyarakat Jawa Tengah itu terkenal dengan budaya sopan santunnya. Itulah yang menjadi alasan, mengapa para pelancong yang datang ke provinsi Jawa Tengah merasa nyaman dan betah. Tak hanya itu saja, Provinsi Jawa Tengah juga terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang indah-indah lho.

Pasti kalian penasaran kan?  Nah, sebelum itu cari tiket kereta di misteraladin dan baru cari referensi liburannya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada 4 tempat wisata paling top di Jawa Tengah yang wajib kamu datangi :

  1. Candi Borobudur

Salah satu tempat wisata terbaik dan terpopuler yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur. Tempat wisata yang satu ini merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur ini juga ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991.  Konon Candi Borobudur ini sempat terkubur abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi, kemudian ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raflles pada tahun 1814. Candi Borobudur ini diperkirakan telah dibangun pada tahun 824 silam. Dimana bangunan Candi Borobudur ini tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi. Disini juga anda bisa membeli berbagai suvenir mulai dari Miniatur Candi Borobudur, kipas, gantungan kunci, hingga kaos. Dan pada perayaan Waisak, tempat ini menjadi pusat berkumpulnya umat Buddha dari berbagai belahan di dunia seperti Thailand dan Tibet.

  1. Pantai Menganti – Kebumen

Ternyata di Jawa Tengah juga ada pantai yang sangat indah! Tepatnya di Desa Karangduwur, Kebumen, Jawa Tengah anda bisa menemukan pantai yang sangat indah menakjubkan, yakni Pantai Menganti. Walaupun lokasinya cukup sulit dijangkau karena akses jalan yang belum memadai. Akan tetapi semua itu akan terbayar setelah anda sampai di lokasi pantai tersebut. Dimana di pantai ini anda akan melihat air lautnya yang sangat jernih dengan gradasi warna hijau dan biru. Ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai tersebut yang dijamin akan bisa memanjakan mata anda sehiingga anda akan merasa betah untuk tinggal lama-lama disana. Selain itu anda juga disana bisa bermain air atau berenang karena ombaknya yang cukup tenang. Harga tiket masuknya pun sangat murah. Dengan biaya hanya Rp. 10.000 per orang, anda sudah bisa menikmati pantai tersebut.

  1. Puncak Argopuro Lasem – Rembang

Lokasi untuk menuju Puncak Argopuro Lasem ini memang tak terlalu tinggi, yaitu di ketinggian 806 mdpl. Tetapi, meskipun begitu jalur pendakiannyab juga harus ditempuh cukup panjang sehingga anda harus tetap mensiapkan stamina yang cukup. Untuk menuju Puncak Argopuro Lasem ini, ada dua jalur pendakian yang bisa anda tempuh yaitu melalui Desa Siwalan Sukun, Sedan atau Desa Ngoto, Pancur. Selain itu juga, waktu yang ditempuh menuju puncak ini memerlukan waktus sekitar 2,5 jam. Tetapi, meskipun waktu yang ditempuh menuju kawasan ini, tentunya lelah yang anda rasakan akan terbayar begitu sampai di kawasan ini dengan pemandangan alam yang khas pegunungan.

  1. Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara – Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng ini masuk ke wilayah Kabupaten Wonosobo. Di tempat ini anda akan bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat indah mempesona. Misalnya adalah Telaga Warna yang warna airnya sering berubah-ubah. Konon perubahan warna air tersebut terjadi diakibatkan tingginya kandungan sulfur di dalamnya. Selain itu disana juga ada Kawah Sikidang dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif. Karena konturnya kawahnya yang cukup datar, sehingga anda bisa menyaksikan gumpalan asap kawah yang mengandung belerang dengan jelas. Dan yang uniknya dari tempat ini adalah dengan adanya Kompleks Candi Dieng yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 km x o,8 km. Tempat ini merupakan kompleks candi Hindu Syiwa yang konon telah dibangun pada abad ke – 8.

Itulah 4 tempat wisata paling top yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Setelah kamu berkunjung ke tempat wisata tersebut, kamu juga jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *